Skip to main content

4 Toko Aplikasi Android Lokal (Indonesia)


1. Jalan tikus
Diluncurkan pada bulan Juni 2012, Jalan Tikus adalah salah satu pelaku di ranah toko aplikasi Android pertama di Indonesia. Toko aplikasi ini menjamin bahwa semua aplikasi di platformnya aman, legal, dan gratis. Selain aplikasi Android, website ini juga memiliki aplikasi untuk PC, dan sebuah blog aplikasi. Pada bulan September lalu tim Jalan Tikus mengatakan kepada Tech in Asia bahwa mereka telah melayani lebih dari 10 juta permintaan download dari lebih dari enam juta pengguna unik. Startup ini mencapai 1,3 juta pageview per bulan saat itu.

2. Gudang Aplikasi
Gudang Aplikasi memiliki pendukung yang kuat. Toko aplikasi ini dibuat oleh XL Axiata dan dikembangkan oleh Huawei. Perusahaan telekomunikasi tersebut mengungkapkan bahwa mereka menyiapkan investasi hingga USD 1 juta untuk toko aplikasi Android ini. Diluncurkan dua bulan lalu, Gudang Aplikasi kini memiliki 10.000 aplikasi dengan 150.000 pengunjung unik hingga saat ini. Sayangnya, hanya pelanggan XL yang bisa membeli aplikasi premium dengan pulsa.

3. TemanDev
Telkomsel meluncurkan TemanDev pada Agustus 2013, dengan 68 aplikasi lokal, untuk memperingati ulang tahun ke-68 Telkomsel sendiri. Pengguna Telkomsel bisa membeli aplikasi premium di TemanDev dengan pulsa. Selain Android, pengguna juga bisa menemukan aplikasi dari OS lain seperti Windows Phone, Symbian, BlackBerry, dan feature phone di TemanDev.

4. WePlay
WePlay mungkin sedikit berbeda dari beberapa toko aplikasi lain dalam daftar ini. WePlay diciptakan oleh perusahaan telekomunikasi asal Singapura SingTel, yang hanya menawarkan game, dan hanya tersedia dalam bentuk sebuah aplikasi (sementara tiga lainnya adalah web portal). Aplikasi ini berekspansi ke Indonesia pada bulan Maret dan telah mencapai lebih dari 100.000 download sejauh ini. Karena SingTel adalah mitra Telkomsel, hanya pengguna Telkomsel yang bisa membeli game premium dengan pulsa. Memang cukup menyebalkan karena kita masih terbatas aplikasi. Saya penasaran apakah suatu hari akan ada toko aplikasi Android pihak ketiga yang memungkinkan pengguna dari semua operator membeli aplikasi premium di dalamnya. Hingga saat itu terjadi, mungkin Google Play akan tetap menjadi nomor satu di Indonesia.

Popular posts from this blog

Cara Menggunakan HTTP INJECTOR Dengan Mode Pesawat

internet gratis Indosat via SlowDNS 2016

Cara Membuat Payload Http injector Axis Hitz Unlimited Terbaru